Writing
Your First Visual Basic 6 Program Menulis Program Pertama Anda
Visual Basic 6
The following tutorial is being provided
courtesy of Microsoft Press. Tutorial berikut ini disediakan milik
Microsoft Press. It has been extracted from
" Microsoft
Visual Basic 6.0 Professional (step by step) " Ini telah
diambil dari " Microsoft
Visual Basic 6.0 Professional (langkah demi langkah) "
Writing Your First Program Menulis
Program Pertama Anda
In this lesson you will learn how to:
Dalam pelajaran ini anda akan belajar cara:
- Create the user interface for a new program.
Buat user interface untuk program baru.
- Set the properties for each object in your user
interface. Mengatur properti untuk setiap objek dalam antarmuka
pengguna Anda.
- Write program code. Menulis kode program.
- Save and run the program. Simpan dan
menjalankan program.
- Build an executable file. Membangun
sebuah file eksekusi.
ESTIMATED ESTIMASI
TIME WAKTU
35 min. 35 min.
As you learned in Lesson 1, the Microsoft
Visual Basic programming environment contains several powerful tools to
help you run and manage your programs. Seperti yang Anda pelajari
dalam Pelajaran 1, Microsoft Visual Basic lingkungan pemrograman berisi
beberapa alat yang sangat berguna untuk membantu Anda menjalankan dan
mengelola program-program anda. Visual Basic
also contains everything you need to build your own applications for
Windows from the ground up. Visual Basic juga berisi semua yang anda
butuhkan untuk membangun aplikasi Anda sendiri untuk Windows dari bawah ke
atas. In this lesson, you'll learn how to
create a simple but attractive user interface with the controls in the
Visual Basic toolbox. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar cara
membuat sebuah antarmuka pengguna yang sederhana namun menarik dengan
kontrol di toolbox Visual Basic. Next, you'll
learn how to customize the operation of these controls with special
characteristics called property settings. Berikutnya, Anda akan
belajar bagaimana untuk menyesuaikan operasi kontrol ini dengan
karakteristik khusus yang disebut pengaturan properti. Then, you'll see how to identify just what your
program should do with text-based program code. Kemudian, Anda akan
melihat bagaimana mengidentifikasi apa program anda harus dilakukan dengan
kode program berbasis teks. Finally, you'll
learn how to save and run your new program (a Las Vegas–style slot machine)
and how to compile it as an executable file. Akhirnya, Anda akan
belajar bagaimana menyimpan dan menjalankan program baru (mesin slot Las
Vegas-style) dan cara kompilasi sebagai file eksekusi.
Lucky Seven: Your First Visual Basic Program
Lucky Seven: Program Pertama Anda Visual Basic
The Windows-based application you're going
to construct is Lucky Seven, a game program that simulates a lucky number
slot machine. Aplikasi berbasis Windows Anda akan membangun adalah
Seven Lucky, program permainan yang mensimulasikan mesin slot nomor
beruntung. Lucky Seven has a simple user
interface and can be created and compiled in just a few minutes using
Visual Basic. Lucky Seven memiliki antarmuka pengguna yang sederhana
dan dapat dibuat dan disusun hanya dalam beberapa menit menggunakan Visual
Basic. (If you'd like to run a completed
version of Lucky.exe before you start, you can find it in the
\Vb6Sbs\Less02 folder on your hard disk.) Here's what your program will
look like when it's finished: (. Jika Anda ingin menjalankan versi
lengkap dari Lucky.exe sebelum Anda mulai, Anda dapat menemukannya di \
folder Vb6Sbs \ Less02 pada hard disk anda) Inilah program anda akan
terlihat seperti kalau sudah selesai:
Programming Steps Langkah Pemrograman
The Lucky Seven user interface contains two
command buttons, three lucky number windows, a graphic of a stack of coins,
and the label Lucky Seven. Antarmuka pengguna Lucky Seven berisi
tombol-tombol perintah dua, tiga jendela angka keberuntungan, grafik dari
tumpukan koin, dan label Lucky Seven. These
elements were produced in the program by creating seven objects on the
Lucky Seven form and then changing several properties for each object.
Elemen-elemen yang diproduksi dalam program ini dengan menciptakan tujuh
objek pada formulir Seven Lucky dan kemudian mengubah beberapa properti
untuk setiap objek. After the interface was
designed, program code for the Spin and End command buttons was added to
the program to process the user's button clicks and produce the random
numbers. Setelah antarmuka dirancang, kode program untuk Spin dan
tombol perintah Akhir ditambahkan ke program untuk proses klik tombol
pengguna dan menghasilkan angka acak. To
re-create Lucky Seven, you'll follow three essential programming steps in
Visual Basic: creating the user interface, setting the properties, and
writing the program code. Untuk kembali membuat Lucky Seven, Anda
akan ikuti tiga langkah penting dalam pemrograman Visual Basic: membuat
user interface, pengaturan properti, dan menulis kode program. The process for Lucky Seven is summarized in the
table on the following page. Proses untuk Seven Lucky diringkas
dalam tabel di halaman berikut.
|
|
No comments:
Post a Comment